Langsung ke konten utama

Penolong Sepadan (Curhat Seorang Istri)

Kejadian 2 : 18
TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."

Ayat ini saya dapatkan ketika saya ngeyel bertanya pada seorang saudara.  Ngeyel meminta jawaban, padahal saya feeling sebenernya beliaunya ini juga masih belajaran hehe... Mungkin beliaunya merasa tidak pede untuk memberi arahan karena masih merasa baru *sama2 baru di dunia pernikahan. Tapi saya waktu itu lagi kepo banget. Nget! Dan ngga tahu harus tanya kemana (lagi) karena perenungan sudah mentok. Dan hati semakin galau gundah gulana tak menentu *eaaaa...

Tuhan begitu luar biasa menciptakan kita manusia, bumi, beserta isinya.  Tuhan bahkan telah memerintahkan kita, supaya kita beranakcucu, memenuhi bumi, dan menaklukannya (Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."Kejadian 1 : 28) Dan diantara sekian banyak ciptaanNya ternyata masih ada hal yang terasa kurang, saat Allah melihat Adam berinteraksi dengan semua ciptaanNya.  Lalu diceritakan pada Kejadian 2 : 18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."  Maka terciptalah Hawa.

Merujuk dari ayat ini, saya belajar secara mendalam apa arti penolong yang sepadan.  Setiap kita dilahirkan dengan talenta dan kekurangan masing-masing.  Bagi kita yang memiliki kapasitas besar, jangan sombong dulu.  Anda diciptakan (dipercayakan) dengan kapasitas besar karena ada saudara-saudaramu yang membutuhkan kapasitasmu.  Artinya setiap pribadi yang dipercayakan hal besar, memiliki tanggungjawab yang besar pula.  Maka, rasanya tak pantas bagi kita yang merasa memiliki kapasitas besar justru menggunakan kapasitas tsb utk gagah-gagahan.  

Lalu apa hubungannya dengan penolong yang sepadan? 

Apabila ada kapasitas, ada pula kelemahan atau kekurangan.  Ada plus ada minus, dan bisa jadi dalam hal rumah tangga salah seorang dipercayakan hal besar di salah satu sisi dan seorang yang lain dipercayakan talenta berbeda di sisi yang lain.  Saya pernah berpikir mengapa seseorang selalu kembali pada kesalahan yang sama.  Kalaupun bukan kesalahan, setiap orang termasuk saya selalu memiliki ritme kehidupan yang hampir mirip. Misalkan seperti saya, yang menurut hasil pengamatan saya ketika saya dikembalikan pada topik yang sama (berulangkali) sampai rasanya lelah, sebenarnya Tuhan sedang melatih saya tentang hal tsb.  Tetapi kelemahan saya adalah saya selalu berontak dan menolak. Lalu memikirkan dengan logika, sudah panik mencari seribu cara.  Padahal jawaban pertanyaan kasus tsb hanyalah cukup duduk diam dan mengerjakannya dengan tekun.  Sampai Tuhan bicara: sudah waktuNya! Artinya saya dianggap lulus dan masuk pada level selanjutnya.  Dan ritme kehidupan seperti ini tidak bisa dipelajari dalam waktu satu atau dua tahun.  Ada perjalanan panjang yang harus dilewati untuk bisa menarik garis merah hasil dari proses pengamatan tsb.  Termasuk ketika kita belajar hidup bareng, mungkin dengan orang tua, saudara, atau pasangan.  Mungkin anda pernah merasa berulangkali dihadapkan pada permasalahan dimana anda menjadi solusi tetapi selalu berhenti pada anda. Artinya suatu kali permasalahan tsb kembali lagi terjadi, dan tidak ada hal yang bisa dilakukan selain anda yang harus turun tangan mengerjakannya.  Seolah-olah ini adalah takdir yang tidak bisa ditolak.  Kenyataan yang saya pelajari, memang sepertinya itu adalah berkat.  Sebab mengapa itu bisa terjadi (sampai berulangkali) dan selalu anda yang sepertinya menjadi sasaran.  Kenapa saya bilang berkat? Sebab Tuhan sedang memberi kita kesempatan mengasah diri.  Melatih keterampilan kita untuk sesuatu hal menurut hikmatNya.  Bisa jadi itu untuk melatih kita mengatasi masalah dengan semakin baik, atau melatih kesabaran kita, atau bisa jadi mengajari kita untuk banyak duduk diam mendengar apa yang Tuhan mau sampaikan.

Inti dari penjabaran yang panjang kali lebar ini adalah saat anda berada pada situasi yang sama yang pernah anda alami sebelumnya dengan orang yang sama, berbesarhatilah.  Mungkin Tuhan punya tujuan mulia dengan hidup saudara dan saya.  Sejujurnya pernikahan itu memang tidak seindah seperti serial ftv atau serial perjodohan seperti seri korea dimana artis cantik ditemukan dengan artis ganteng. Mereka membuat foto prewed, menikah dg mengundang teman dekat, tinggal di rumah bagus.  Kalau jaman saya kecil ini mainan ibuk-ibukan.  Bukaaan.  Menikah itu tidak semanis itu.  Dan entah apa karena tayangan saat ini lebih pintar mengemas yang manis2 sehingga value dari arti kata menikah itu sepertinya cuman INDAH. cukup.  Menikah itu ibarat sekolah adalah sekolah yang paling berat.  Sebab kita tidak hanya hidup bersama, tetapi dituntut untuk lebih rajin mengasah diri.  Berproses bersama dengan orang yang sama selama hidup kita.

Saat kita sudah memutuskan menjadi pasangan yang sepadan, semoga kita selalu diberi hikmat untuk selalu berpikir bijaksana, menjadi dewasa.  Pandai menimbang dan memutuskan.  Saya ingat pernah mendapat pesan bahwa anak perempuan lebih lekas matang dan dewasa ketimbang laki-laki. Dan YA. Saya mengamininya.  Menjadi istri dari seseorang yang tidak berbeda jauh umurnya, bisa menjadi salah satu pertimbangan kita sebagai wanita harus lebih cermat dalam bertindak dan memutuskan. Harus siap berdiri di belakang suami saat ia (mungkin) sedang berpikir harus berjalan kemana.. Ah, para wanita... ketahuilah laki-laki (mungkin) memang selamanya adalah anak2.  Saat kita sudah tahu gambar diri kita harus bagaimana dan mau menjadi apa, mungkin laki-laki sedang sibuk dengan dunianya. Dan itu wajar.

Maka mengapa Tuhan menjadikan kita sebagai penolong yang sepadan, karena disanalah memang tempat kita saat ini.  Jangan pernah lelah untuk selalu menjadi solusi bagi kaum pria, jangan pernah lelah untuk menjadi jalan pulang, seorang wanita diciptakan untuk memiliki kebesaran hati dan lautan kasih bagi keluarganya.

Menjadi penolong yang sepadan, bisa jadi bukan berarti kita agresive untuk selalu berada di garda depan.  Menjadi penolong sepadan adalah saat kita dengan kebesaran hati kita mampu membuat kaum laki-laki merasa nyaman walau ia sedang terluka atau tertekan. Menjadi jalan keluar, bukan justru batu sandungan saat ia membutuhkan solusi.  Menjadi penolong yang sepadan itu adalah tugas mulia seorang wanita walaupun untuk bisa bermain cantik menjadi sepadan kita harus terus belajar, mau ditegur, mau memenuhi hati dengan kasih bukan sakit hati.  

Saat menjadi penolong sepadan pastikan dengan benar, bahwa kita memang benar2 menolong, yang ditolong benar2 merasa tertolong bukan justru ngriwuki pandangan atau menjadi sandungan.  Kalaupun saat ini ada hal yang (masih) sama yang berulang terjadi, nikmatilah. Mungkin pasangan kita sedang diproses (dilayakkan utk menjadi imam bagi keluarga kita) dan (bisa jadi) hal yang bisa kita lakukan hanya cukup berdiri di sisinya. Besarkan hati, sambil terus bercakap dengan Tuhan. Semoga Tuhan selalu beserta kita. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi dan dampaknya

semakin ke sini, perkembangan jaman dan teknologi semakin maju.  sebagai pribadi yang masih hidup dan butuh bersosialisasi kita dituntut untuk bergerak dinamis mengikuti alur dunia.  harus semakin rajin meng-upragrade diri baik secara iman maupun wawasan.  menolak perubahan dan ber-keukeuh terhadap barang lama bukanlah keputusan bijak.  saya tidak mengatakan hal kuno harus ditinggalkan.  manusia punya akal dan hikmat, kita harus pandai dan cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. bagaimana kita bijak menyikapi setiap kemajuan dan tetap bermawas diri menjaga kebudayaan dan nilai-nilai leluhur. dinamisnya kemajuan jaman saat ini tentu merubah beberapa bahkan mungkin hampir seluruh aspek kehidupan kita.  beberapa hal yang patut disikapi secara bijak antara lain: 1.  pola asuh (parenting) layaknya tanaman, beda tanah beda varietas tanamannya.  beda jaman tentu beda generasi, dalam salah satu buku terbitan gramedia Raising Children in Digital Era disebutkan bahwa generasi sekara

Untuk Wanita (Kuat)

Menjadi wanita itu adalah kehormatan Kesempatan untuk diciptakan menjadi wanita dan menghidupi panggilannya adalah berkat. Menjadi wanita itu harus kuat, tegar, bahasa kerennya SETRONG seperti model alis sekarang. Tebal dan besar.  Wanita harus bijak dan pandai move on. Menjadi wanita kuat tidak memandang status.  Mau lajang, single, jomblo, janda, istri, ibu, dsb.  Wanita jaman sekarang harus frontal. Frontal dengan tujuan hidup dan cita-cita masa depannya.  Wanita itu harus tahu, kebahagiaan adalah dirinya.  Tau harus menjadi apa, mengerjakan apa, berdiri di sisi mana, menghidupi panggilannya, memenuhi hidupnya dengan passion. Untuk wanita yang sedang menunggu, menghidupi hidup dengan passion setidaknya membuat hidup itu lebih berwarna.  Minimal walaupun ia tahu sedang menanti ia tahu harus menuju kemana.  Artinya wanita harus tahu tujuan hidupnya sekarang dan sambil percaya bahwa nanti tujuannya ini akan membawanya ke tempat yang diharapkan.  Misalnya pasangan.  Walaupun ia bel