Langsung ke konten utama

Teknologi dan dampaknya

semakin ke sini, perkembangan jaman dan teknologi semakin maju.  sebagai pribadi yang masih hidup dan butuh bersosialisasi kita dituntut untuk bergerak dinamis mengikuti alur dunia.  harus semakin rajin meng-upragrade diri baik secara iman maupun wawasan.  menolak perubahan dan ber-keukeuh terhadap barang lama bukanlah keputusan bijak.  saya tidak mengatakan hal kuno harus ditinggalkan.  manusia punya akal dan hikmat, kita harus pandai dan cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. bagaimana kita bijak menyikapi setiap kemajuan dan tetap bermawas diri menjaga kebudayaan dan nilai-nilai leluhur.

dinamisnya kemajuan jaman saat ini tentu merubah beberapa bahkan mungkin hampir seluruh aspek kehidupan kita.  beberapa hal yang patut disikapi secara bijak antara lain:

1.  pola asuh (parenting)
layaknya tanaman, beda tanah beda varietas tanamannya.  beda jaman tentu beda generasi, dalam salah satu buku terbitan gramedia Raising Children in Digital Era disebutkan bahwa generasi sekarang adalah generasi klik. generasi yang instan dan modern.  hampir semua anak di usia dini sudah mahir memainkan gadget.  kita sebagai orang tua harus mampu minimal mengimbangi kemampuan mereka, memilihkan acara dan konten yang sesuai, berpikiran terbuka (demokrasi) dalam menyelesaikan masalah, dan pandai menempatkan diri dalam bergaul dengan anak-anak kita.  saya rasa generasi sekarang sudah bukan jamannya lagi kita berpikir bahwa kita orang tua adalah pihak yang selalu benar.  kita perlu membuka mata dan wawasan bahkan kita juga harus rela mendapat kritik dan masukan dari anak kita.  masa sekarang adalah masa dimana kita harus pandai mencari win-win solution yang bisa menjadi jalan tengah diantara kebutuhan anak dan kebijakan kita sebagai orang tua.  cara menerangkan sesuatu perintah ataupun larangan pun harus dengan alasan yang masuk akal dan logis.  sudah tidak jamannya lagi kita melarang anak dengan alasan-alasan mistis atau menakut-nakuti.

2. bijak menjadi pembaca
dunia maya adalah lautan informasi.  mudah tapi bisa jadi menjerumuskan.  kita harus berhati-hati dalam menanggapi semua informasi.  apakah informasi tersebut valid atau hoax.  demikian pula saat kita menanggapi sosial media.  kita harus bijak memilah mana yang perlu ditanggapi dan mana yang tidak.  kita harus memasang banyak filter dalam diri kita agar kita tidak mudah terbawa arus provokasi.

3. bijak menjadi penulis
sejak ada sosial media, tak jarang privasi menjadi ruang publik.  kita harus pandai menyunting subjek dan bijak dalam menulis sesuatu.  saya sepakat dengans eorang artis yang berpedapat bahwa dunia maya adalah dunia yang bisa kita bentuk sesuka kita.  jika kita terganggu kita bisa membatasi orang tertentu, jangan mudah larut dalam euforia hubungan baik.  tidak semua hubungan baik dalam dunia riil harus berkawan baik pula dalam dunia maya.  kita juga harus pandai melihat prioritas.  banyak konflik justru berawal dari hal sepele di dunia maya.  sebagai pembaca kita harus ingat betul, dunia maya adalah dunia maya.  kita tidak bisa menilai atau membangun gambaran kehidupan orang lain hanya dari dunia maya.

teknologi. bisa menjadi alat bantu. juga bisa menjadi senjata makan tuan.  jangan pernah lelah untuk belajar.  dan jangan muda baper ketika berada di dalamnya.  semoga kita bisa memanfaatkan teknologi di sekitar kita untuk memperbaiki hubungan, meningkatkan kualitas pola asuh, dan lebih baik lagi jika kita bisa mendapat hasil materi dari pemanfaatannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Untuk Wanita (Kuat)

Menjadi wanita itu adalah kehormatan Kesempatan untuk diciptakan menjadi wanita dan menghidupi panggilannya adalah berkat. Menjadi wanita itu harus kuat, tegar, bahasa kerennya SETRONG seperti model alis sekarang. Tebal dan besar.  Wanita harus bijak dan pandai move on. Menjadi wanita kuat tidak memandang status.  Mau lajang, single, jomblo, janda, istri, ibu, dsb.  Wanita jaman sekarang harus frontal. Frontal dengan tujuan hidup dan cita-cita masa depannya.  Wanita itu harus tahu, kebahagiaan adalah dirinya.  Tau harus menjadi apa, mengerjakan apa, berdiri di sisi mana, menghidupi panggilannya, memenuhi hidupnya dengan passion. Untuk wanita yang sedang menunggu, menghidupi hidup dengan passion setidaknya membuat hidup itu lebih berwarna.  Minimal walaupun ia tahu sedang menanti ia tahu harus menuju kemana.  Artinya wanita harus tahu tujuan hidupnya sekarang dan sambil percaya bahwa nanti tujuannya ini akan membawanya ke tempat yang diharapkan.  Misalnya pasangan.  Walaupun ia bel

Penolong Sepadan (Curhat Seorang Istri)

Kejadian 2 : 18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." Ayat ini saya dapatkan ketika saya ngeyel bertanya pada seorang saudara.  Ngeyel meminta jawaban, padahal saya feeling sebenernya beliaunya ini juga masih belajaran hehe... Mungkin beliaunya merasa tidak pede untuk memberi arahan karena masih merasa baru *sama2 baru di dunia pernikahan. Tapi saya waktu itu lagi kepo banget. Nget! Dan ngga tahu harus tanya kemana (lagi) karena perenungan sudah mentok. Dan hati semakin galau gundah gulana tak menentu *eaaaa... Tuhan begitu luar biasa menciptakan kita manusia, bumi, beserta isinya.  Tuhan bahkan telah memerintahkan kita, supaya kita beranakcucu, memenuhi bumi, dan menaklukannya (Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan bur